Kata-kata Mutiara Bijak Kartini

            Hari ini (21/4/2017) bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Bagi kita tentu saja nama Raden Ajeng Kartini telah melekat sejak kecil. Beliau adalah Pahlawan Nasional yang memberi harapan dan cahaya bagi wanita Indonesia untuk mendapat pendidikan dan kesempatan berkarya sebesar para pria di masanya. Beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara. R.A Kartini kemudian wafat pada tanggal 17 September 1904 di usianya yang masih sangat muda yaitu 24 tahun
            Ada banyak buku dan film yang menceritakan tentang R.A Kartini. Salah satu buku yang terkenal adalah buku “Habis Gelap Terbitlah Terang; Boeah Pikiran”  yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1992. 
Untuk mengenal dan memperingati hari Kartini, berikut kata-kata mutiara bijak dari Raden Ajeng Kartini
  1. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.
  2. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu – satunya hal yang benar – benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.
  3. Saat membicarakan org lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik.
  4. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.
  5. Jangan mengeluhkan hal – hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.
  6. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.
  7. Tahukah engkau semboyanku? Aku mau! Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata "Aku tiada dapat!" melenyapkan rasa berani. Kalimat "Aku mau!" membuat kita mudah mendaki puncak gunung
  8. Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.
  9. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu
  10. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.
  11. Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu.
  12. Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan – angan muda mati, kadang – kadang timbullah angan – angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah.
Selain yang tertulis diatas, masih banyak lagi kata mutiara bijak R.A Kartini. Smoga kita bisa memetik nilai-nilai positif dari kata-kata muiara bijaknya dan mengamalkannya dalam kehidupan kita.

Sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Soal Penyisihan UNP Mathematics Challenge

SOAL UNP MATHEMATICS CHALLENGE (UMC) 2017

KUMPULAN SOAL UAS dan UTS MATEMATIKA FMIPA UNP